Sabtu, 29 Juni 2019

#14 NOVEL : Kumbang dan Bunga by Desi Eriana

#14 NOVEL : Kumbang dan Bunga by Desi Eriana




Judul : Kumbang dan Bunga
Author : Desi Eriana
Penerbit : DM Publisher
Editor : Salsabila Haq
Layout : Salsabila Haq
Design Cover : Salsabila Haq
Harga : Rp. 90.000
Rating : Dewasa

BLURP :



COVER, TULISAN dan KUALITAS :
Untuk cover menurutku cukup aman, walau kalau bisa tetap saja harus di simpan dengan baik. Agar tidak menimbulkan pertanyaan dari anak kecil yang merepotkan untuk di jawab ( pengalaman pribadi sendiri ).


Untuk plastik segel, baru kali ini aku menemukan yang seperti ini selain kalau beli buku second. Plastiknya nggak di sealed, tapi cuma di rekatin saja. Susah jelasinnya. Kalau kertas sih standar ya, warnamya kekuningan.

Yang bikin protes adalah ukuran font ya. Kecil banget. Bacanya sampai sedikit pusing. Tapi sepertinya untuk menghemat kertas. Karena kalau nggak dipadatin bakal tebal bukunya. Analisaku berkata demikian.



Banyak typo dan penempatan tanda baca yang tidak tepat. Banyak spasi yang jauh dan paragrafnya tidak rapi.
Banyak warna tinta yang tebalnya tidak merata. Ada yang ketebalan, ketipisan sampai warnanya berbayang jadi terlihat seperti double tulisannya.

Dengan banyaknya defect jadi penasaran siapa editornya. Setelah dilihat ternyata editor, layouter dan design cover orangnya sama. Oke...mungkin tugasnya banyak jadi nggak ke tanggulangi semua kerjaan. Tapi lain kali untuk produksi buku berikutnya harap diperhatikan ya. Aku beli bukunya tidak murah dan tidak bekas apalagi bajakan. Kan sayang kalau ceritanya bagus jadi pada malas baca kalau begini.

Oh, iya. Aku nggak dapat bookmark loh. Jarang di jaman sekarang buku nggak ada bookmarknya. Atau pas aku saja lagi apes.

REVIEW yang mengandung SPOILER :

WARNING, PEMBAHASAN 21+

Novel ini untuk dewasa ya. Karena banyak adegan yang menjurus kemesuman tiada tara. Kalau buatku sih tidak masalah, cuma untuk yang berkeberatan sudah aku warning ya. Tema ceritanya menurutku mainstream. Cinderella dengan couple remaja dan om-om tampannya. Mengingatkanku pada pengarang favouriteku ibu " DIANA PALMER " dan nenek " BARBARA CARTLAND " tercinta. Ceweknya masih muda dengan cowoknya yang sudah dewasa. I Like It !!!

BINARA AARAJU atau NARA, pria berusia 37 tahun yang tampan dan kaya. Tapi sayangnya cacat, tidak bisa berjalan setelah mengalami kecelakaan mobil yang fatal. Dingin kepada semua orang, terutama istri cantik yang mengkhianatinya. " Burung " nya tidak bisa bangun tapi bukan impoten menurut pengakuannya. Tetapi langsung bereaksi ketika melihat pemeran utama wanita untuk yang pertama kalinya. Sejak saat itu jiwa mesumnya bangkit setelah puasa beberapa tahun pasca kecelakaan yang dialaminya.

KHAIRA WILDA atai IRA, gadis berusia 18 tahun yang tidak lulus SMA. Berasal dari kampung yang ngakunya polos. Dimesumin Nara diam saja malah nagih. Polos sama bodoh beda tipis menurutku. Untung happy ending, kalau dunia nyata sudah di mainin ini anak.

Cerita ini mengandung pelakor, pebinor, teman makan teman, dan adegan ene-ena yang lumayan banyak. Tapi ceritanya manis. Nara yang dikecewakan istrinya jatuh cinta kepada Ira, keponakan angkat istrinya. Berawal dari " burung " yang bangun naik ke hati. Nara yang jarang mendapatkan kasih sayang, tertarik dengan Ira yang membantunya dengan tulus. Demi Ira dia mau kembali memperbaiki tubuhnya yang cacat agar bisa berjalan kembali. Terutama agar bisa ena-ena lagi.  Ngakak ketika adegan percakapan antara Nara dan dokter yang merawatnya. Dokternya sampai malu. Semangatnya semakin membara agar bisa merasakan kebahagiaan yang diinginkannya sejak dulu. Sedangkan Ira berawal dari di modusin setiap saat jadi jatuh cinta sama " om " nya yang tampan walau cacat tapi tubuhnya bagus. Selain itu Ira yang sebatang kara mendapat keamanan dan kenyaman dalam pelukan Nara yang hangat.

Masalah terbesar dalam hubungan mereka adalah mantan istri Nara yang juga merupakan tante angkat Ira. Selain itu hanya sedikit masalah keluarga serta persoalan teman makan teman.

Yang jadi pertanyaanku adalah sepertinya agama tidak bermain dalam kehidupan mereka di novel ini. Masa lalu para character terutama yang cowok banyak yang kelam. One night stand sudah biasa. Yang membuat mereka tobat hanyalah para istri yang muda dan polos. Tapi namanya juga fiksi, authornya bebas donk untuk menceritakan kisahnya seperti apa.

Selain couple Nara-Ira, masih ada banyak couple lain yang termasuk dalam " TAKLUK SERIES " yang aku tidak tahu apakah akan dibukukan. Yang aku tau, novel-novel karangan author sudah ada di PLAYSTORE. Cuz lah di beli buat yang penasaran. Di wattpad ada tapi tidak lengkap.

Sekian review dari aku. Semoga berguna dan menghibur buat semua. Dan buat author, teruslah berkarya dan jangan terlalu diambil pusing kalau ada review yang tidak berkenan. Jadikanlah ini sebagai cambuk agar lebih baik di masa depan.




0 komentar:

Posting Komentar

Komen di sini...

 
SAKAU Blogger Template by Ipietoon Blogger Template