Rabu, 06 Februari 2019

#6 KOMIK : DOOR HOUSE by Yoko Matsumoto & Jiro Akagawa

#6 KOMIK : DOOR HOUSE by Yoko Matsumoto & Jiro Akagawa

Judul : DOOR HOUSE
Judul Asli : Kaiki Hakubutsukan
Author : Yoko Matsumoto & Jiro Akagawa
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Alih Bahasa : Indrati
Cetakan : Pertama, 1993
ID : 15094414
ISBN : 979-537-939-9
Rating : Remaja/Dewasa
Harga : Rp. 5000 ( beli yang ke dua kali pas ada diskonan )

BLURP :






COVER dan GAMBAR :
Kalau tidak salah komik yang ini cetak ulang deh. Ini komik kedua yang aku beli. Mumpung lagi ada diskon. Komik yang pertama aku beli sudah lama sekali. Ada kayaknya 20 tahunan. Covernya tidak begitu berbeda. Cuma yang lama gambar anak kecilnya full scene. Tidak pakai latar belakang coklat yang seperti gambar sunset. Cuma komik lamanya aku lupa simpan di mana. Nanti kalau ketemu aku lihatin perbedaannya.

Covernya sederhana, tapi aura misterinya kerasa. Dari dulu memang Yoko Matsumoto ini author komik misteri kesayanganku. Gambar characternya cantik dan tampan. Aura kelamnya dapat, ekspressi penjahatnya lumayang nyeremin, dan yang paling bikin betah bacanya kadang diselipin humor.



REVIEW yang mengandung SPOILER :
Komik ini bergenre misteri dan ada romancenya juga ( ada sedikit tentang family ). Terdiri dari 3 cerita, yaitu :
DOOR HOUSE
Menceritakan tentang Ami siswa SMP yang bertempat tinggal di sebuah Apartemen. Apartemennya sedang ada masalah pencurian barang. Barangnya bukan barang mahal atau berharga, malah barang furniture yang dipakai sehari-hari seperti kasur dan meja tulis. Rumah Ami ketitipan kotak besar milik penghuni baru yang misterius, Pak Jerry dan anaknya Yuka.

Sementara itu hilangnya barang berubah menjadi hilangnya orang, bahkan ibu Ami pun hilang beserta sepedanya. Ami ( ibunya juga ) yang mencurigai Pak Jerry sebagai " Tukang Sihir " akhirnya memberanikan diri bertamu kerumah Pak Jerry untuk menyelidiki misteri, dan tanpa sengaja melihat rumah boneka yang isinya ada ibu, barang-barang yang hilang serta temannya, Cici menjadi boneka kecil. Dapatkah Ami menyelamatkan mereka? Siapakah Pak Jerry dan Yuka sebenarnya?

CURSED DOLL
Kayaknya yang digambar typo ya, harusnya Cursed Doll bukannya Crused Doll. Menceritakan tentang kesedihan Rika yang mencintai Yuki. Tetapi Yuki sudah punya pacar, yaitu Mia sahabat Rika sendiri. Ketika Rika berulang tahun ada seseorang yang menghadiahkannya Cursed Doll alias boneka pengutuk. Saking sedihnya tanpa sadar Rika menggunakan boneka tersebut yang mengakibatkan Mia mengalami kesakitan.

Ketika menjenguk, Rika malah mendengar curhatan Mia kalau Yuki sudah punya pacar lagi. Karena marah dan bersedih. Rika menggunakan boneka itu kembali. Keesokan harinya ada kabar kalau selingkuhan Yuki mati terbunuh. Karena pada dasarnya hati Rika baik, dia merasa bersalah dan memutuskan untuk bunuh diri. Apakah Rika berhasil membunuh dirinya sendiri? Apakah boneka tersebut memang manjur khasiatnya untuk menyakiti orang lain? Apakah ada seseorang yang ternyata lebih jahat dari perbuatan Rika?

RED SHADOW
Menceritakan Kaoru yang ingin menikah, tetapi dia harus menceritakan masa lalunya kepada tunangannya agar tidak menyesal dikemudian hari.

Ayah, ibu, Kaoru dan adik laki-lakinya Kazuro, pergi liburan dengan menyewa villa di tengah hutan. Kazuro memanggil Kaoru ke basement dan mereka terkejut ketika melihat ada peti mati di dalamnya. Mulailah ada kejadian-kejadian aneh di villa itu. Peti matinya berpindah tempatnya ketika Kaoru memberitahukan kepada ayahnya. Dan puncaknya adalah ketika Kazuro tidak mau bangun dari tempat tidur dan mukanya terlihat pucat sekali.

Sorenya ayah dan Kaoru pergi berbelanja dan pulang ketika hari sudah gelap. Ketika sampai terdengar jeritan ibu, ayah masuk kedalam sedangkan Kaoru menunggu di luar dengan ketakutan. Pintu terbuka...ayah, ibu dan Kazuro berkata tidak ada pa-apa. Apakah benar tidak ada apa-apa? Apakah mereka semua selamat? Apa sebenarnya yang terjadi? Dan yang penting apakah tunangan Kaoru menerima cerita tersebut?

Dari ketiga cerita di atas, aku paling suka cerita Cursed Doll. Cursed  Doll menggambarkan sesuatu kegelapan hati manusia dan cinta. Kalau sudah gelap mata apapun akan dilakukan demi cinta. Selain itu rasa iri bisa meracuni otak dan hati manusia. Dan ada plot twistnya. Walaupun untuk penikmat komik dan novel misteri biasanya sudah bisa menebak akhirnya.

Kalau ditanya apakah happy ending atau sad ending? Bisa jadi kedua-duanya. Baca saja komiknya, harganya murah, cari di diskonan Gramedia. Biasanya suka ada.

Komik ini bergenre misteri dan suka diselipin humor yang lucu. Tapi yang bikin senyam-senyum sebenarnya pemilihan nama character. Kalau yang sudah baca komik Jepang dari awal dulu diterbitkan pasti sudah hapal. Nama Jepangnya suka diganti jadi nama Internationa. Walau tidak semua, tapi ada beberapa seperti nama Pak Jerry. Bukannya seram malah jadi ngakak.

Akhirnya sekian dulu review dari saya. Semoga terhibur dan berguna buat semua. Bye...





0 komentar:

Posting Komentar

Komen di sini...

 
SAKAU Blogger Template by Ipietoon Blogger Template